FUNGSI PADA MAPLE

Label:


BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang
Pada dasarnya konsep “fungsi” merupakan hal yang penting dalam berbagai cabang matematika. Dalam banyak hal fungsi diterapkan dalam berbagai bidang untuk menyelesaikan persoalan-persoalan baik dalam bidang tehnik, ekonomi dan bidang lain yang mempelajari hubungan-hubungan antar variabel, dimana variabel satu sama lainnya saling pengaruh mempengaruhi dan dapat diukur, seperti jarak dan waktu dapat diiukur, sehingga dapat dikatakan bahwa jarak adalah fungsi dari waktu.

1.2. Rumusan Masalah
1.      Apa sajakah kegunaan perhitungan menggunakan fungsi?
2.      Bagaimana cara perhitungan fungsi pada aplikasi Maple 13?
3.      Mengapa fungsi dalam matematika perlu dipelajari?

1.3. Tujuan
1.      Mengetahui kegunaan perhitungan menggunakan fungsi.
2.      Mengetahui cara perhitungan fungsi dengan alikasi Maple 13.
3.      Bisa menerapkan pembelajaran fungsi dalam kehidupan.

1.4. Manfaat
Dapat mengetahui, memahami, dan menerapkan perhitungan fungsi dalam kehidupan sehari-hari.




BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

Konsep fungsi merupakan hal terpenting dalam berbagai cabang matematika. Kata fungsi dalam matematika, sebagaimana dikatakan oleh Leibniz (1646-1716) digunakan untuk menyatakan suatu hubungan atau kaitan yang khas antara dua himpunan sehingga fungsi dapat dikatakan merupakan hal yang istimewa dari suatu relasi antara dua himpunan.[1]

Fungsi dibagi menjadi 3 jenis, yaitu fungsi injektif, surjektif, dan bijektif.
1.      Fungsi injektif
Fungsi f: A → B disebut fungsi satu-satu atau fungsi injektif jika dan hanya jika untuk sebarang a1 dan a2  \in A dengan a1 tidak sama dengan a2 berlaku f(a1) tidak sama dengan f(a2). Dengan kata lain, bila a1 = a2 maka f(a1) sama dengan f(a2).

2.      Fungsi surjektif
Fungsi f: A → B disebut fungsi kepada atau fungsi surjektif jika dan hanya jika untuk sembarang b dalam kodomain B terdapat paling tidak satu a dalam domain A sehingga berlaku f(a) = b. Dengan kata lain, suatu kodomain fungsi surjektif sama dengan kisarannya (range).

3.      Fungsi bijektif
Fungsi f: A → B disebut disebut fungsi bijektif jika dan hanya jika untuk sebarang b dalam kodomain B terdapat tepat satu a dalam domain A sehingga f(a) = b, dan tidak ada anggota A yang tidak terpetakan dalam B. Dengan kata lain, fungsi bijektif adalah sekaligus injektif dan surjektif.[2]

Dengan menggunakan Maple, Anda cukup memberikan perintah sebagai berikut:
> f := (x) -> 3*x+4;
Dari contoh di atas, secara umum sintaks dalam Maple untuk mendefinisikan sebuah fungsi adalah sebagai berikut :
> nama_fungsi := (parameter) -> operasi; [3]

Cara membuat grafik di maple :
Banyak langkah-langkah yang harus kita lakukan apabila menggambar secara manual. Sebagai contohnya jika kita ingin menggambarkan suatu fungsi kuadrat http://latex.codecogs.com/gif.latex?f(x)=ax%5e%7b2%7d+bx+c, hal-hal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:
1. Menentukan titik potong dengan sumbu y, diperoleh jika x=0
2. Menentukan titik potong dengan sumbu x, diperoleh jika y=0
3. Menentukan koordinat titik puncak
4. Membuat sketsa grafik

Sementara apabila kita menggambar grafik fungsi dengan menggunakan maple akan lebih mudah dan cepat. Hanya ada dua langkah yaitu:
1.Definisikan fungsi f(x)
2.Gunakan ekspresi plot untuk memunculkan gambar, yaitu: http://latex.codecogs.com/gif.latex?plot(f,%20x=x0..x1),  dimana fungsi f(x) untuk x dalam interval [x0,x1].
Contoh: Gambarkan grafik fungsi http://latex.codecogs.com/gif.latex?f(x)=x%5e%7b2%7d-2x-15, untuk x dari -4 sampai 6 dengan menggunakan maple!
Solusi:
1. Definisikan fungsi f(x)
http://latex.codecogs.com/gif.latex?f:=x%5e%7b2%7d-2x-15
2. Gambarkan grafik fungsi f(x)
http://latex.codecogs.com/gif.latex?plot(f,x=-4..6)
Tampilan pada maple adalah sebagai berikut :
http://kamikita.student.fkip.uns.ac.id/files/2012/04/42.png
Selain itu maple juga bisa digunakan untuk menggambarkan 2 grafik atau labih. Langkah-langkahnya yaitu:
1. Definisikan fungsi f(x) dan g(x)
2. Gunakan ekspresi plot untuk memunculkan gambar, yaitu:
http://latex.codecogs.com/gif.latex?plot(%5bf,g%5d%20x=x0..x1)
dimana fungsi f(x) dan g(x) untuk x dalam interval [x0,x1].[4]

BAB III
METODOLOGI PENELITIAN

3.1. Alat dan Bahan
1.      Aplikasi Maple 13.
2.      PC/Laptop.

3.2. Langkah Kerja
1.      Membuka aplikasi Maple 13, dengan cara meng-klik double ikonnya.
2.      Mempelajari cara menggunakan Maple untuk menghitung suatu fungsi matematika.








                              



BAB IV
PEMBAHASAN

Hasil dari praktikum yang telah dilakukan didapatkan hal-hal sebagai berikut :
·         Penulisan fungsi dalam program maple:
Secara umum, fungsi dituliskan dengan notasi sebagai berikut
f : A \rightarrow B
Sedangkan sintaks secara umum untuk mendefinisikan suatu fungsi dalam maple :      >nama_fungsi:=(variabel)->operasi;
        >g:=(x)->sin(x)+cos(x);
·         Untuk mendapatkan suatu hasil dari fungsi, cukup kita masukkan nilai (x)nya saja. Misalkan (x) diganti dengan 2, seperti contoh berikut :
>
>
>
>
>
>
>
>                                                >(x diganti dengan 2)

                          
·         Kemudian untuk menghitung suatu perhitungan trigonometri yang melibatkan nilai radian, cukup masukkan (Pi) saja
>
>
>
·         Jika ingin mengetahui hasil penggantian (x) dengan suatu bilangan, dengan menggunakan perintah “evalf”. Seperti contoh berikut :
>
>
>
·         Untuk menentukan sampai (batasan), menggunakan “..”, misalnya :
·         Untuk mengganti warna grafik sesuai keinginan, semua (setiap baris harus dieksekusi, sehingga dalam penggabungan grafik, warnanya akan muncul. Misalnya :
·         >
·        

·         Untuk membuat grafik dari fungsi yang ada, menggunakan perintah “plot” seperti contoh di bawah :

>
>
Tekan enter, maka akan muncul grafik seperti berikut:
·         Untuk menggabungkan 2 buah grafik, menggunakan cara berikut :
>
>
>
Maka hasilnya akan menjadi :

·         Unftuk mengganti warna grafik, agar kedua grafik yang digabungkan dapat dibedakan :
·         >
·         >
·         >
Akan menjadi :
Tugas membuat grafik fungsi
>
>
>
>
>
>
>
>













BAB V
PENUTUP
5.1. Kesimpulan
Berdasarkan praktikum yang telah dijalankan, praktikan menjadi mengerti tentang penggunaan/pengoperasian hitung fungsi dalam aplikasi maple. Praktikan juga dapat mengambil kesimpulan bahwa penggunaan maple dalam mengerjakan fungsi sangatlah berguna. Selain kita dapat menghitung hasil dari fungsi dengan cepat, kita dapat pula melihat grafiknya dengan akurat. Dengan grafik yang dapat diubah warnanya sesuai keinginan, dalam hal penghitungan, kita tidak dapat cepat bosan.
Penggunaan maple dalam menghitung fungsi sangatlah bermanfaat, selain cepat dalam menghitung fungsi dan dapat melihat grafiknya, maple sangat mempermudah pengerjaan sebuah pekerjaan yang membutuhkan grafik.

5.2. Saran
Sebaiknya sebelum melakukan praktikum, praktikan telah mengetahui materi yang akan dijalankan, baik teori maupun penerapannya. Serta saat melakukan kegiatan praktikum, sebaiknya praktikan mengikuti peraturan yang berlaku dan mengikuti apa yang disarankan oleh asisten, dan jika ada kesulitan segera konsultasikan ke asisten, itu akan lebih mempermudah kegiatan praktikum.




                                                                                    
DAFTAR PUSTAKA



2 komentar:

  1. Unknown mengatakan...:

    Program Bell Sekolah terimakaish untuk artikle yang menginspiasi, denganperhitungan konsep ini...

  1. Dadang Hamdani mengatakan...:

    boleh minta yg aslinya.??

Posting Komentar